Rabu, 25 Desember 2013

Bagaimana Cara Merawat Puting Susu Di Masa Menyusui?



 
Khusus bagi anda yang saat ini sedang menyusui, informasi berikut ini akan sangat membantu untuk anda. Merawat puting susu merupakan keharusan agar anda bisa optimal menyusui bayi. Puting susu yang tidak terawat bahkan yang luka atau lecet bisa sangat mengganggu anda bahkan mengganggu saluran pencernaan bayi anda. Berikut ini saya berikan tips cara merawat puting susu agar anda bisa optimal menyusui si kecil.

Bersihkan Selalu Puting Susu
Setiap kali bayi anda selesai menyusu, jangan lupa bersihkan puting susu anda dengan air bersih untuk membersihkan sisa ludah. Atau anda juga bisa mengoleskan air susu anda ke puting susu dan areaola, lalu biarkan puting susu mengering dengan sendirinya.

Jaga Sirkulasi Udara Di Payudara Anda
Gunakan bra dari bahan katun agar dapat menyerap keringat dengan cepat. Kondisi lembab menyebabkan semakin ganasnya pertumbuhan bakteri di payudara. Gunakan pakaian yang agak longgar untuk memudahkan sirkulasi udara.

 Sering-seringlah Mengganti bantalan payudara Anda
Jika anda menggunakan bantalan payudara selama menyusui, maka sering-seringlah menggantinya agar tidak menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Jangan Sembarangan Menggunakan Produk
Jangan memakai sabun, alkohol atau lotion untuk membersihkan puting susu anda karena bisa membuat puting susu menjadi kering dan pecah-pecah. Begitu pula dengan parfum, deodoran atau bedak. Cukup gunakan air bersih atau air susu anda untuk membersihkan puting susu anda setelah si kecil menyusu. Kecuali jika disarankan oleh dokter.

Gunakan Bra Yang Longgar
Bra yang terlalu ketat menyebabkan puting susu sering tergesek dan iritasi. Begitu pula dengan menggunakan bra berkawat karena bisa menekan payudara dan meradang, atau dikenal dengan istilah mastitis.
keberhasilan anda merawat puting susu sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan dan kemauan anda untuk merawat diri. Yang jelas, kesehatan puting susu juga sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan bayi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...